, - Selasa, 27 Juli 2021 02:11 WIB

Wahdi Hadiri Pengukuhan Bunda Literasi Kelurahan se-Kota Metro Secara Virtual

KOTA METRO – Walikota Metro Wahdi hadiri pengukuhan Bunda literasi Kelurahan se-Kota Metro secara hybrid virtual di dua tempat berbeda, di Guest House Rumah Dinas Walikota, Selasa (27/07/2021).

Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Metro Syachri Ramadhan dalam laporannya menyampaikan maksud dan tujuan diadakanya kegiatan tersebut merupakan salah satu upaya untuk menumbuh kembangkan budaya literasi dalam rangka mendukung visi pembangunan Kota Metro yakni terwujudnya Kota Metro berpendidikan, sehat, sejahtera dan berbudaya.

Dilanjutkan dengan pembacaan deklarasi dan pengukuhan Bunda Literasi Kelurahan se-Kota Metro, oleh Bunda Literasi tingkat Kota Silfia Naharani Wahdi, di TMII Kota Metro.

“Saya mengucapkan selamat kepada semua bunda literasi Kelurahan yang dikukuhkan pada hari ini, semoga setelah pengukuhan ini dapat menjadi role model sekaligus mitra utama dalam menyukseskan gerakan literasi daerah, yang merupakan tokoh sentral disetiap jenjang pemerintahan, dapat memotivasi masyarakat dan para pemangku kepentingan untuk menghidupkan budaya literasi ditingkat Kelurahan,” ujarnya.

Imbuhnya, Syachri mengajak untuk bersinergi, saling berkoordinasi dan bekerjasama agar gerakan literasi daerah Kota Metro dapat berjalan dengan baik dan memberi manfaat bagi masyarakat. Mari kita hidupkan budaya literasi mulai dari rumah, kita ajak anak-anak kita untuk gemar membaca, membuka cakrawala mereka dengan membaca buku, dengan mengaktifkan kembali rumah pintar disetiap Kelurahan, taman baca masyarakat, serta pojok baca yang ada di Kota Metro.

Sementara itu Walikota Metro Wahdi menyampaikan bahwa salah satu agenda Pembangunan Indonesia adalah meningkatkan sumber daya manusia (SDM) yang berkualitas dan berdaya saing, yang merupakan modal utama pembangunan nasional untuk menuju pembangunan yang inklusif dan merata di seluruh wilayah. Pemerintah Indonesia berkomitmen untuk meningkatkan kualitas dan daya saing SDM yaitu sumber daya manusia yang sehat dan cerdas, adaptif, inovatif, terampil, dan berkarakter.

Ia mengatakan, Pembangunan kebudayaan dan karakter bangsa memiliki kedudukan sentral dalam kerangka pembangunan nasional untuk mewujudkan negara-bangsa yang maju, modern, unggul, berdaya saing dan mampu berkompetisi dengan bangsa-bangsa lain. Mentalitas disiplin, etos kemajuan, etika kerja, jujur, taat, hukum dan aturan, tekun, dan gigih adalah karakter dan sikap mental yang membentuk nilai-nilai budaya di dalam masyarakat.

Menurutnya, pengukuhan Bunda Literasi Kelurahan se-Kota Metro ini merupakan momen yang sangat strategis dalam mendukung minat masyarakat dalam memperluas wawasan dan pengetahuan dengan membaca. Karena itu, saya mengajak seluruh pihak, seluruh warga Kota Metro yang saya cintai untuk bersinergi, bekerjasama dengan Bunda Literasi demi mewujudkan masyarakat yang literat.

“Selamat mengemban amanah kepada Bunda Literasi Kelurahan se-Kota Metro, semoga melalui pengukuhan ini dapat menambah semangat serta menggugah kesadaran kita akan pentingnya budaya literasi dengan memanfaatkan dan mengembangkan perpustakaan sebagai pusat belajar masyarakat sepanjang hayat, sebagai upaya untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat,” Ucapnya. (adv)

Konten ini diproduksi oleh ezza

Share:

Komentar:

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Berita Terkait: