, - Senin, 8 Februari 2021 02:04 WIB

Vaksinasi Covid-19 Untuk Lansia Telah Dimulai!

tmp-cam-4911818130937767675

Jakarta – Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mengatakan vaksinasi Covid-19 terhadap masyarakat lansia akan dimulai pada Senin, 8 Februari 2021 jam 9 pagi. Penyuntikan kepada lansia ini dimulai setelah Badan POM mengeluarkan izin vaksin untuk bisa diberikan bagi orang dengan usia di atas 60 tahun.

Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mengatakan vaksinasi Covid-19 terhadap masyarakat lansia akan dimulai (Senin 8 Februari 2021) ssumber: @vaksinuntukkita

“Penting sekali bagi pemerintah untuk memprioritaskan tenaga kesehatan berusia lanjut karena adanya risiko ganda, yaitu profesi mereka yang rawan terpapar COVID-19, selain itu usia mereka yang rentan,” katanya saat konferensi pers secara virtual, Minggu (7/2).

Lebih lanjut, Pak Budi berharap vaksinasi Covid-19 terhadap lansia akan mengurangi jumlah pasien yang harus dirawat ke rumah sakit karena kondisi yang memburuk. Dengan begitu, dia berharap beban kerja rumah sakit juga bisa berkurang. Ujarnya. 

Badan Pengawas Obat dan Makanan (Badan POM), pada tanggal 5 Februari 2021, mengeluarkan persetujuan penggunaan darurat vaksin CoronaVac produksi Sinovac untuk digunakan kepada kelompok lanjut usia (lansia) berumur 60 tahun ke atas.

Meskipun sudah ada persetujuan penggunaan darurat, vaksinasi terhadap populasi lansia harus dilakukan secara hati-hati karena kelompok tersebut berisiko tinggi dan cenderung memiliki penyakit penyerta atau komorbid. Oleh karena itu, proses screening menjadi sangat kritikial, sangat penting sebelum dokter memutuskan memberikan persetujuan vaksinasi. Kesiapsiagaan tenaga kesehatan merupakan hal yang penting terutama pelaksanaan vaksinasi pada kelompok lansia.

Dengan telah diterbitkannya persetujuan vaksin untuk populasi lansia diharapkan angka kejadian infeksi dan angka kematian lansia akibat infeksi COVID-19 ini dapat menurun. Tutupnya. 

Sumber : covid19.go.id

@pemprovlampung

Konten ini diproduksi oleh Kanal Visual

Share:

Komentar:

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Berita Terkait: